Monday, June 22, 2020

Review Detective Conan Movie 15 - Quarter of Silence

Aku udah tulis sinopsis movie ini 2 kali. Versi pertama (klik di sini) ditulis beberapa tahun yang lalu, sedangkan versi kedua baru aku tulis kemarin. Di versi kedua, ceritanya lebih lengkap dan lebih banyak gambar.

Di post ini aku bakal bahas hal menarik dan penilaian aku tentang movie ini.



Hal-hal penting dan menarik.
  • Skate board Conan dimodifikasi agar bisa digunakan di tempat bersalju.
  • Detective boys memberikan mug bertuliskan "I love 白鳥" untuk Kobayashi Sensei. 白鳥 dibaca Hakuchou atau bisa juga dibaca Shiratori.



  • Ran memberikan patung burung hantu sebagai oleh-oleh untuk Shinichi.
  • Pelaku : Yamao Keisuke

  • Motif : Delapan tahun yang lalu dia mencuri toko perhiasan berlian. Saat perjalanan pulang, dia menabrak Natsuki (adiknya Mizuki) hingga tewas. Pada kejadian itu, Touma menjadi saksi mata. Touma diserang oleh Yamao dan dibawa kedalam mobil. Kemudian anak itu sadar dan melihat banyak berlian di mobil. Dia lari keluar tapi dia tergelincir dan jatuh di tebing. Yamao menyerahkan diri kepada polisi dan mengaku sebagai orang yang melakukan tabrak lari. Berlian curiannya dia sembunyikan di rumah neneknya
  • Saat Yamao keluar dari penjara, desanya sudah menjadi bendungan Kitanosawa. Dia berencana menghancurkan bendungan itu dan mengambil perhiasan itu.
  • Orang bersenjata yang mengejar Detective Boys dan Touma adalah Mizuki. Dulu Mizuki yang mendorong adiknya ke jalan. Dia tidak menyangka kalau mobil Yamao akan lewat secara tiba-tiba.. Dia ingin Touma menjaduh dari dirinya.


Movie Conan kembali menghadirkan latar tempat yang berbeda. Kali ini, temanya adalah tentang salju. Sejak awal penonton sudah disuguhkan dengan adegan action yang bikin deg-degan. Conan menyelamatkan banyak orang dari peristiwa bom di terowongan jalan. Kemudian ketegangan mulai meningkat lagi saat Conan dan Ai berusaha menyelamatkan Genta dkk dari seseorang yang membawa senapan. Kita bisa melihat kemapuan Conan dalam bermain skate board baik di tanah biasa maupun di salju. Bagian paling menegangkan adalah ketika Conan mencoba membelokan arah aliran air dari bendunggan dengan memanfaatkan longsoran salju.

Untuk romance, seperti biasa ada porsi untuk Shinichi dan Ran. Ran menelepon Shinichi tentang oleh-oleh apa yang dia inginkan. Shinichi menulis list barang di salju. Kemudian Conan terburu-buru pergi dari tempat itu dan tidak sempat menghapus tulisannya. Ran curiga kalau Shinichi ada di desa itu.



Berhubung ini movie ke 15, dan dari judulnya juga ditulis "quarter" memang angka 15 ini memegang peranan penting. Pertama saat bom di jalur kereta touto, bom itu mempunyai timer mundur selama 15 detik. Kemudian bom yan gidpasang di bendungan mempunyai timer mundur 15 menit. Dan yang terpenting adalah manusia yang terkena longsoran salju hanya mempunyai waktu 15 menit untuk bertahan hidup.




Ran melihat detik-detik Conan terkena longsoran salju. Adegan menjadi slow motion agar lebih drama. Kemudian Conan tertimbun salju dan semau orang sibuk mencari Conan. Waktu sudah sangat mepet 15 menit sejak longsoran terjadi. Ran menelepon Conan. HP Conan ditemukan, tapi tidak ada Conan di sana. Lalu Ran menelepon hp Shinichi. Conan memberikan tanda keberadaannya dengan menembakan bola yang bisa keluar dari sabuknya. Akhirnya Conan bisa ketemu.



Tidak hanya penggemar ShinRan yang merasa senang di movie ini, penggemar AiCon juga pasti senang. Pada movie ini terlihat 2 kali Conan dan Ai naik skate board bersama. Bahkan saat keadaannya genting, Conan memeluk Ai agar dia tidak jatuh.



Dari segi friendship, di movie ini kita bisa melihat pertemanan yang kuat diantara anggota Detective Boys. Genta dan Mitsuhiko sempat saling menyalahkan gara-gara jet ski yang terbalik. Tapi Conan mengingatkan mereka untuk berhati-hati dalam menggunakan kata-kata. Kata-kata dapat berubah menjadi pedang yang kejam. Sekali tali pertemanan terputus, mungkin mereka tidak dapat bertemu lagi.
Saat Conan berjuang menyelamatkan desa, para orang dewasa beranggapan kalau hal itu mustahil. Tapi Genta, Mitsuhiko, Ayumi, dan Haibara percaya Conan dapat melakukan sesuatu.






Dari segi animasi, tentu saja ada peningkatan. Latar tempat yang bersalju dan pohon-pohon yang memutih dibuat dengan sangat  baik. Pada adegan diamond dust juga gambarnya indah.

Secara keseluruhan movie ini sangat menonjolkan segi action dibanding case. Dan aku rasa, sejak movie 15 ini, action di movie Conan terus saja meningkat.

Sekali lagi, kalau kalian mau baca sinopsisnya bisa diliat di post ini ya. Untuk cerita movie lainnya, bisa diliat di tab Movie DC ya.

No comments:

Post a Comment