Friday, May 29, 2020

Sinopsis Detective Conan Movie 10 - The Private Eyes' Requiem

Bagaimana jadinya jika Conan, Heiji, dan Kaito Kid muncul dalam satu movie? Movie ini memang paling padat dengan pemecahan kasus dan mereka harus cepat memecahkan kasus itu atua mereka akan mati karena bom!




Kogoro diundang ke hotel Red Castle yang letaknya ada di depan taman bermain Miracle Land. Dia di minta untuk membawa teman-teman juga oleh kliennya. Kogoro mengajak Ran, Sonoko, Agasa, dan detective boys. Mereka di sambut sekretaris yang bernama Takada.

Kogoro dan kawan-kawan di beri jam tangan VIP untuk keluar masuk Miracle Land. Mereka juga bisa membeli makanan dan minuman gratis dengan jam itu. Tetapi, Conan dan Kogoro dilarang ikut ke Miracle Land karena ada suatu kasus yang harus mereka pecahkan. Conan merasa curiga karena dia ditahan bersama dengan Kogoro.

Setelah mereka pergi, klien menjelaskan kalau jam tersebut sebenarnya adalah peledak. Jika sudah masuk Miracle Land, peledak akan aktif dan jika jam yang telah aktif itu keluar dari Miracle Land, maka jam akan meledak. Jam itu tidak bisa dibuka, jika dibuka paksa juga akan meledak. Jam itu juga dapat meledak jika si klien menginginkannya.

Kogoro dan Conan diminta memecahkan suatu kasus. Waktu mereka hanya sampai jam 10 malam atau ketika Miracle Land tutup. Jika mereka gagal, maka mereka akan mati. Sudah ada 2 detektif menyerah (Mogi dan Souda) dan 1 detektif yang diledakan oleh si klien, dan ada juga yang masih meyelidiki. Detektif yang diledakan itu adalah Ryuu, salah satu teman Kogoro. Mereka sama sekali tidak boleh melibatkan polisi dalam menyelesaikan kasus ini.

Kode yang ditinggalkan klien “TAKA 38”. Sekretaris Takada memberikan satu hp kepada Kogoro dan Conan untuk menerima telepon dari si klien.

Conan kemudian sadar kalau maksud kode itu adalah “Takashima 3-8-5” sebuah nama tempat. Jalan tersebut sudah berubah nama menjadi Minatomirai. Akhirnya mereka sampai ke sebuah hotel yang akan diruntuhkan minggu depan. Disana mereka bertemu dengan tuna wisma yang sudah lama menumpang di hotel itu.

Tunawisma itu berkata bahwa tanggal 4 Mei ada mobil aneh yang terparkir di depan hotel itu, ketika sore-sore dia kembali, mobilnya sudah berubah. Sebenarnya bentuk mobilnya normal, namun sejak 2 tahun lalu hotel itu bangkrut, sudah tidak ada mobil yang datang ke hotel itu. Selain itu, ada orang-orang yang masuk ke basement dan mengunci basement itu. Dia juga melihat burung putih besar yang terbang di hari itu.

Conan dan Kogoro berhasil menyelundup ke basement itu. Di sana mereka menemukan topeng dan pistol yang mungkin digunakan untuk melakukan suatu kejahatan. Ketika mereka akan keluar, ada orang-orang mencurigakan yang sudah menunggu mereka. Conan dan Kogoro berusaha kabur, namun mereka tertangkap. Ternyata orang-orang itu adalah polisi. Conan dan Kogoro dicurigai sebagai orang yang bekerjasama dengan Kaito Kid.


Kaito kid mencuri permata milik perusahaan Miyama pada 4 April. Biasanya hanya divisi 2 yang mengejar Kaito. Tapi sepertinya ada seseorang yang menginginkan nyawa kaito. Polisi sampai mengalami cedera saat mengejar kaito. Oleh karena itu divisi 1 juga dilibatkan.

Dari GPS yang tertanam di dalam jam Kogoro dan Conan, klien tahu kalau mereka ada di kantor polisi. Conan menerima telepon dari klien. Si klien memangggil Conan dengan “Kudo Shinichi”. Klien tahu identitas Conan yang sebenarnya. Conan melaporkan hasil penemuannya di hotel itu. Kemudian klien memberikan petunjuk berikutnya yaitu “pergi ke cafe terrace at night”.

 

Lukisan cafĂ© terrace at night dilukis oleh Vincent van Gogh pada 1888. Pada lukisan itu ada lampu gas dan kereta kuda. Tempat pertama di Jepang yang banyak lampu gas adalah di jalan Basha. 

Conan pergi ke tempat itu dengan skate board yang sudah dimodifikasi Professor Agasa. Di sana Conan bertemu dengan Heiji. Heiji juga menggunakan jam yang sama dengan Conan. Kazuha menjadi sandera di Miracle Land.

Conan melihat mobil yang melintas di jalan itu. Dia jadi teringat dengan nota yang dia temukan di hotel itu juga berasal dari perusahaan Metropolitan Expressway. Conan bertanya pada seorang ibu peramal yang ada di jalan itu tentang sesuatu yang terjadi pada mobil itu. Ternyata pada 4 Mei, terjadi pencurian dan si pelaku menggunakan pistol untuk menembak salah satu karyawan.

Kogoro menemukan Conan di Jalan Basha. Kogoro ditemani oleh Megure, Shiratori, dan Yokomizo. Klien mengamati mereka dari CCTV yang ada di jalan itu. Tidak lama kemudian ada bom di sekitar sana dan Yokomizo terluka akibat ledakan itu.

Kogoro meninggalkan pesan kepada Megure dengan secarik kertas. Dia meminta untuk melindungi Ran yang ada di Miracle Land.

Kogoro memilih untuk menyelidiki sendirian, sedangkan Conan pergi dengan Heiji. Heiji mendapatkan informasi yang tidak di dapatkan Conan yaitu “YOU CRY”. YOU berarti Yokohama Ocean University.

Di Yokohama Ocean University, mereka mencari sesuatu yang berhubungan dengan CRY. Di sana dia bertemu dengan Hakuba Saguru. Hakuba sudah tahu bahwa CRY adalah nama salah satu klub, yaitu Crime Research of Yokohama.

Mereka menuju ke klub itu. Di sana mereka bertemu dengan dua anggota klub. Hakuba berpura-pura akan masuk universitas itu tahun depan. Disana mereka mendapatkan informasi bahwa pemimpin klub ke 3, Itou Suehiko, telah dicopot karena dianggap tidak berkelakuan baik. Dia terlibat dalam suatu kasus pembunuhan.

Heiji meminta tolong Ohtaki untuk menyelidiki Itou Suehiko. Lalu Ohtaki menghubungi sepupunya yaitu Aoki yang bekerja sebagai polisi di Kanagawa.

Itou menjadi buronan setelah diduga menjadi orang yang membajak mobil bersenjata di jalan Basha. Itou membuat sebuah perusahaan konsultasi investasi. Perusahaan itu bernama Far East Office. Di sana terjadi pembunuhan. Korban bernama Nishio Masaharu yang jabatannya adalah Sales Manager di Far East Office. Dulu dia juga anggota club CRY. Selain itu, ada satu lagi anggota club yang ikut bekerja dengan Itou. Dia adalah Shimizu Reiko. Dia dikabarkan bunuh diri pada 15 Mei.

Di miracle Land, detective boys dan Ran ingin naik super snake. Antriannya sangat Panjang. Diantara mereka semua, hanya Ai yang mengetahui bahwa bom akan meledak jika mereka keluar dari Miracle Land. Ai berpura-pura menjaga antrian sehingga yang lain bisa pergi mencari makan. Ai berbaris ke barisan paling belakang untuk mengulur waktu.

Ternyata di sana ada Sonoko. Sonoko mengajak Ran untuk makan kue di hotel. Secara kebetulan mereka juga bertemu dengan Kazuha. Ai mengamati mereka dari jauh. Ran, Sonoko, dan Kazuha menuju ke hotel. Saat sudah di gerbang, terdapat pengumuman yang meminta Ran dan Kazuha pergi ke ruang medis. Ternyata Ai sedang berbaring dan dokternya bilang sepertinya Ai demam. Tentu saja Ai hanya berpura-pura untuk mencegah mereka keluar dari Miracle Land.

Saat sedang di ruang perawatan, Ran melihat Megure melewati ruangan itu. Ran dan Kazuha pergi untuk menyapa Megure. Megure dan Shiratori mengamati jam yang mereka pakai.

Genta, Mitsuhiko, dan Ayumi kembali ke super snake. Ternyata alatnya akan di maintenance. Tentu saja itu karena campur tangan polisi juga. Tiba-tiba terjadi penjambretan. Cola yang diminum oleh Genta tumpah dan mengenai kaki si pelaku. Ran, Kazuha, Ayumi, Genta, dan Mitsuhiko berusaha mencari si penjambret itu. Ai akhirnya pergi mencari mereka semua.

Mereka berhasil memojokan si penjambret. Ran dan Kazuha menggunakan ilmu bela dirinya untuk melawan si pelaku. Sayangnya si pelaku mengambil Ayumi sebagai Sandra dan bergerak keluar gerbang. Kebetulan Sonoko masuk ke gerbang itu. Dia mendorong si pelaku hingga Ayumi terlepas. Pelaku kembali mengambil seorang wanita sebagai Sandra. Ternyata dia adalah Miwako dan tentu saja pelaku berhasil di tangkap. Miwako dan Takagi memang sedang berkencan di Miracle Land. Takagi sangat gugup saat melihat ada Megure dan polisi yang lainnya.




Hakuba, Heiji, dan Conan menuju ke lokasi TKP di Far East Office. Setelah selesai menyelidiki ruangan itu, tiba-tiba ada orang yang mengejar mereka menggunakan motor. Heiji berhasil kabur dari salah satu orang bermotor itu. Conan dikejar oleh beberapa motor. Saat Conan ada di atas jembatan, roda skate boardnya ditembak. Conan jatuh dari jembatan itu dan tercebur ke sungai.


Conan diselamatkan oleh Hakuba. Hakuba memanggil professor Agasa dan Heiji. Conan sudah mendapatkan pertolongan pertama tapi mungkin kakinya retak. Heiji mendapatkan informasi tambahan dari Ohtaki bahwa Itou terlibat dalam kecelakaan, namun saat akan diinterogasi oleh polisi di rumah sakit, dia menghilang. Di bagasi mobil Ito ditemukan senjata. Di pembidik pistol ditemukan maskara yang cocok dengan yang digunakan Shimizu Reiko.

Perusahaan itou bangkrut dan dibeli oleh Miyama. Miyama kerja sama dengan Shimizu Reiko. Kaito kid melihat Shimizu melakukan kejahatan. Oleh karena itu Kaito berusaha dibunuh oleh Miyama.

Kaito muncul di perusahaan Miyama. Dia sudah mengembalikan barang curiannya tapi dia tetap berusaha dibunuh. Akhirnya Kaito sadar bahwa nyawanya terancam karena dia melihat kejahatan Reiko. Kaito sengaja memanggil polisi supaya Miyama, Shimizu, dan orang bermotor itu ditangkap. Kemudian Kaito pergi.

Conan dan Heiji segera ke ruangan untuk mencegah Kogoro memberikan analisa yang keliru tentang kasus ini. Ternyata selama ini klien bersembunyi dibalik ruangan pertemuan. Klien mereka ternyata adalah Itou Suehiko.

Tanggal 4 Mei, Nishio Masaharu tewas tertembak di Far East Office. Peluru yang menewaskan Nishio adalah yang ditembakan oleh Shimizu Reiko. Pistol itu kemudian diserahkan kepada Itou. Itou menembakan 7 peluru sisanya kepada Nishio yang sudah meninggal. Itou merasa yakin kalau dia yang membunuh Nishio.




Reiko membuat rem mobil Itou menjadi blong dan terjadi kecelakaan. Reiko ingin menguasai semua uang curian dari pencurian sebelumnya. Pencurian itu sebenarnya dilakuian oleh Itou,  disampingnya ada Shimizu Reiko dan Nishio Masaharu di belakangnya.

Itou yang tadinya bersikeras bahwa Reiko bukan pembunuhnya, akhirnya dia menyerah. Tiba-tiba muncul Reiko yang membawa senjata ke ruangan itu. Dengan kerjasama Conan dan Heiji, Reiko berhasil di buat pingsan.

Conan memncoba untuk mengcancel ledakan dari jam tangan ID yang mereka kenakan itu. Tapi harus ada password untuk mengakses programnya. Pertanyaan keamanan untuk password itu adalah “Siapa nama orang yang paling anda sayangi?”. Awalnya Conan mengira jawabannya adalah Shimizu Reiko. Namun ternyata salah. Akhirnya Conan menebak “Itou Suehiko” dan benar. Conan mengcopy kode angka 57010 dan akhirnya ledakan berhasil digagalkan.


Semua jam dikumpulkan oleh pihak kepolisian. Kemudian Sonoko, Ran, Heiji, Kazuha, dan detective boys diizinkan untuk bermain super snake. Sialnya, Genta masih memakai jam itu. Area super snake ada yang berada di atas laut atau dengan kata lain berada di luar zona Miracle Land dan bisa menyebabkan bom di jam tangan itu meledak. Ai mencoba melepas jam itu. Tapi jam terlempar ke belakang kereta. Untungnya muncul Kaito Kid yang melepaskan jam itu. Mereka semua pun akhirnya selamat.

Semua pelaku berhasil ditangkap. Detektif Ryuu yang terlihat meledak di awal cerita, ternyata dia hanya berpura-pura menjadi korban ledakan.


Aku udah tulis reviewnya di post yang terpisah. Aku juga udah bahas movie lain di tab Movie DC.

5 comments:

  1. pertanyaan yang belum terjawab dikepalaku adalah kenapa password yg dimasukkan itu adalah namanya sendiri? dan kenapa conan bisa tau. belum nyambung disitu:(

    plus penasaran juga kenapa ada adegan dimana sonoko kayaknya tertarik banget sama ai, pas lagi ngajak ke toko kue

    ReplyDelete
    Replies
    1. karna conan inget kata2 si reiko klo itou suka bangga2in diri sendiri, terus itou jg bilang rencana sempurnanya gagal gara2 nishio, dari situ conan nyimpulin kalo itou emg cinta sama diri dia sendiri

      Delete
    2. Kupikir pasword nya itou tuh petugas yg ditembak mati nishio wkwkwk... karna pas nonton movie gak ada subtitle untuk kanji yg conan ketik.. ternyata cinta pertamanya dirinya sendiri....

      Delete
  2. Petugas Chiba sudah mengumpulkan jam tangan itu dan katanya sudah pas. Lalu mereka naik wahana,kenapa genta tidak melepas jam tangannya? Padahal petugas Chiba sudah mengatakan jam tangan yg terkumpul sudah pas ? Berarti milik siapa yg terkumpul itu selain genta

    ReplyDelete