Thursday, May 7, 2020

Rahasia Keluarga Masumi Sera: Mary juga menyusut?

Cerita Detektif Conan sudah dimulai sejak 1995. Hingga saat ini, serial manga sudah lebih dari 1000 chapter. Berbagai tokoh baru juga bermnunculan di serial manga ini, salah satunya adalah Mary. Mary muncul sebagai seorang gadis yang kelihatannya masih SMP. Dia tinggal bersama dengan Masumi Sera. Sebenarnya ada rahasia besar yang dia sembunyikan.



Masumi Sera adalah seorang anak pindahan yang menjadi teman sekelas Ran. Dia adalah seorang yang cerdas, ahli dalam jeet kune do, dan tomboy. Dia sebenarnya mempunyai sejumlah rahasia dan hubungan keluarga yang rumit. Dia adalah anak dari Akai Mary dan Akai Tsutomu. Kakak pertamanya adalah Akai Shuichi dan kakak keduanya adalah Haneda Meijin (DC chapter 1042).

Haneda Meijin adalah seorang pemain shogi professional dan sudah memenangkan 6 pertandingan. Haneda Meijin diangkat anak oleh keluarga Haneda. Dia menjadi saudara tidak sedarah dari Haneda Kouji. Kouji dibunuh 17 tahun lalu di Amerika karena dia dipaksa menelan APTX, obat yang sama dengan yang ditelah Shinichi.

Akai Tsutomu, ayahnya Sera, pergi untuk menyelidiki kasus kematian Haneda Kouji tersebut. Namun dia hilang tanpa jejak. Mary, Sera, dan Shuichi akhirnya pindah ke Jepang. Tapi, pada suatu hari Mary menerima kabar dari rekan intelnya bahwa Tsutomu terlihat berkeliaran di London. Oleh karena itu, Mary dan Sera kembali ke London.

Mary menunggu Tsutomu di tempat mereka biasa bertemu, yaitu di jembatan Vauxhall London, tepat di depan Headquarters of the Secret Intelligence Service. Setelah cukup lama menunggu, datanglah Tsutomu. Dia mengaku lupa dengan tempat mereka biasa bertemu. Tsutomu mengaku sempat mengalami amnesia pada saat menyelidiki kasus Haneda Meijin.

Tsutomu bertanya kepada Mary apakah dia datang dengan si anak laki-laki. Namun, Mary menjawab “Aku datang dengan anak perempuan, masa kamu lupa dengan anak perempuan yang sering kamu gendong itu?”. Lalu Tsutomu menjawab “Oh ia”. Dari sana Mary sadar bahwa orang yang ditemuinya saat itu adalah Tsutomu yang palsu. Karena pada saat terakhir bertemu dengan Tsutomu, Sera masih ada di dalam kandungannya.


Ternyata yang berada di balik topeng Tsutomu adalah si seribu wajah, Vermouth! Vermouth mengaku telah berkeliaran di London dengan menggunakan wajah Tsutomu untuk memancing Mary agar muncul karena Vermouth ingin membunuh Mary. Tapi Mary berkata bahwa jika dia tidak segera pulang, anak perempuannya akan melaporkan ke M16 bahwa Akai Tsutomu yang berkeliaran di London adalah palsu.


Lalu Vermouth berpikir untuk menyamar sebagai Mary lalu mencari anak perempuan itu. Sayangnya dia tidak tahu di mana kereberadaan si anak perempuan itu (Sera).

Kemudian Vermouth menjejalkan APTX 4869 ke mulut Mary menggunakan mulutnya. Setelah itu, Mary terdorong dan dia jatuh ke sungai. Vermouth mengira bahwa Mary sudah mati, lalu dia pergi. Ternyata Mary tidak mati, dia menyusut seperti Kudo Shinichi dan Miyano Shiho. Mary segera menuju ke tempat Sera dan Sera sangat terkejut melihat ibunya menjadi kecil.





Secara kebetulan Sera sedang menonton rekaman pertandingan tenis di London. Tiba-tiba muncul muka Conan yang mengaku sebagai muridnya Sherlock Holmes. Kalau kalian ingat, ini adalah kasus ketika Conan meminum antidote APTX sehingga dia bisa menjadi Shinichi dan pergi ke London. Kemudian di sana dia memecahkan kasus yang berhubungandengan si pemain tenis. Aku pernah membahas bagian akhir dari kasus ini dan bisa dibaca di sini.


Sera merasa muka Conan sangat mirip dengan Shinichi waktu masih kecil. Ya, mereka memang dulu pernah bertemu di pantai. Mary menyelidiki tentang Shinichi melalui rekan intelnya. Ternyata sejak Kudou Shinichi menghilang, muncul Conan Edogawa si Bocah yang jenius. Pada satu waktu, pernah ada tiket pesawat dari Jepang ke London yang dipesan atas nama Shinichi. Sejak saat itulah Mary berasumsi bahwa Shinichi meminum obat yang sama dengannya sehingga dia menyusut dan mengubah identitasnya menjadi Conan Edogawa. Selain itu, kemungkinan Conan punya antidotenya.

Jadi, kalau kalian perhatikan, Sera selalu berusaha untuk menyelidiki Conan. Bahkan di kasus chapter 1047-1050 ini, Sera berusaha untuk mengambil kapsul antidote berwarna putih biru yang dimiliki Conan. Untungnya Conan berhasil menyembunyikan kapsul tersebut.

No comments:

Post a Comment