Sunday, May 31, 2020

Sinopsis Detective Conan Movie 11 = Jolly Roger in the Deep Azure

Detective Conan kembali muncul dengan tema yang berbeda. Pada movie 11 ini, tema yang diangkat adalah tentang harta karun, bajak laut, dan pemburu harta. Bagaimana jalan ceritanya?



Movie ini diawali dengan aksi pengejaran dua orang pencuri yang menggunakan topeng Lupin dan Fujiko oleh Takagi dan Miwako. Saat mereka berhasil tertangkap, salah satu pencuri menyebutkan pulau Koumi dan Jolly Roger, lalu dia tak sadarkan diri.

Kogoro, Ran, Sonoko, Agasa, dan detective boys pergi ke pulau Koumi. Seharusnya mereka menginap di hotel. Namun Iwanaga Jouji bagian pariwisata Pulau Koumi memindahkan mereka ke rumah seorang warga yang disulap menjadi penginapan. Pemilik rumah itu adalah Mima Kasuo.




Detective boys pergi ke museum, Ran dan Sonoko pergi diving, sedangkan Kogoro dan Agasa memilih untuk bersantai. Saat di museum, detektif boys melihat film yang menceritakan tentang dua bajak laut yang bernama Anne Bonnie dan Mary Read. Di sana juga ada pedang pendek milik Anne dan pistol milik Mary. Benda itu ditemukan di dasar laut. Dipercaya kalau dulu bangunan itu berada di atas laut. Namun suatu hari terjadi gempa dan dasar pulau itu terdiri dari methane hydrate sehingga pulau itu longsor ke dasar laut. Menurut Legenda, Anne dan Mary dipenjara. Anne berhasil kabur dan menunggu Mary di pulau itu. Tapi Mary sakit di penjara dan tidak bisa bertemu lagi. Katanya, Anne menyimpan harta karun di pulau yang tenggelam itu.


Ran dan Sonoko pergi diving. Mereka ditemani oleh Mabuchi Chika dan Yamakuchi Kimiko. Kiimiko ikut turun ke laut sedangkan Chika tetap menjaga kapal. Saat mereka bertiga sedang diving, tiba-tiba datang hiu. Ternyata ada seseorang yang diserang hiu. Mereka langsung menuju ke permukaan.



Detective boys diberikan teka teki tentang harta karun oleh Iwanaga. Mereka sangat bersemangat mencari petunjuk berikutnya. Dari kejauhan, Ai melihat seseorang yang dibawa dengan speedboat dalam keadaan berlumuran darah.

Conan dan Ai segera ke klinik. Ternyata yang terluka adalah salah seorang dari pemburu harta karun. Di BG jacketnya, ada darah ikan yang disimpan dalam plastic klip. Setiap menyelam 10 meter, tekanan akan meningkat 1 atm. Peningkatan tekanan mengakibatkan darah di dalam plastik itu terdorong keluar dan memancing hiu untuk menyerang.

Kogoro muncul ke ruangan itu. Haibara memberikan petunjuk secara tidak langsung kepada Kogoro hingga dia menyadari adanya kantung darah itu. Akhirnya Kogoro menyimpulkan kalau ini mungkin adalah pembunuhan.

Megure, Shiratori, Takagi, dan Miwako datang ke pulau itu. Mereka menginterogasi para pemburu harta yang selamat dari serangan hiu, yaitu Izu Yamataro dan Matsumoto Mitsushi. Satou bertanya apakah mereka kenal dengan pencuri yang sebelumnya sudah ditangkap polisi. Tentu saja mereka mengaku tidak tahu. Para pencuri itu mengaku disuruh mencuri agar bisa bergabung dengan perburuan harta Matsumoto.


Polisi sengaja memancing mereka dengan memberikan minum untuk mendapatkan sidik jarinya. Sayang sekali mereka tidak menyentuh gelas itu sama sekali. Takagi berpura-pura meminjam korek api dari Matsumoto. Dengan menggunakan lem UHU dan kotak, Lem UHU yang mengandung cyanide methacrylate dapat bereaksi dengan air sekresi sehingga bisa menunculkan sidik jari. Takagi berhasil mendapatkan sidik jari Matsumoto dan segera mengirimkannya ke kantor pusat.


Malam harinya, Conan dkk menuju ke tempat “Bajak laut tidak menangis”. Dari tempat itu, Conan melihat Matsumoto sedang ngobrol dengan Mabuchi Chika. Conan langsung pergi ke tempat peminjaman alat diving itu. Saat Conan sampai Matsumoto pergi menggunakan mobil. Chika curiga melihat Conan. Akhirnya Conan memutuskan untuk berpura-pura pulang.

Saat Conan akan kembali ke penginapan, alarm di museum berbunyi. Conan melihat dua pemburu harta itu berlari ke mobil. Tapi setelah itu kedua  pemburu harta itu ditembak oleh seseorang.

Conan segera melaporkan hal itu ke Megure yang kemudian diperiksa lebih lanjut oleh Takagi dan Satou. Di TKP, mereka menemukan peluru tua dan jejak sepeda.


Barang yang hilang adalah pedang pendek Anne Bonnie dan pistol Mary Read yang dulunya ditemukan di istana bawah laut..

Laporan dari kantor pusat sudah muncul. Matsumoto adalah buronan internasional yang sudah terlibat dalam berbagai aksi pencurian.

Keesokan harinya, angin bertiup cukup kencang dan ombak juga cukup tinggi. Ran dan sonoko tidak berani untuk pergi diving lagi. Ran dan Sonoko berniat untuk jalan-jalan di pulau itu Bersama Kimiko dengan menggunakan mobil. Tiba-tiba mereka di serang oleh Matsumoto dan Izu. Mereka bertiga dipaksa naik ke mobil. Di salah satu bagian di pulau itu, Matsumoto sudah menyiapkan kapal yang dia sewa dari Chika. Kimiko diserang oleh pemburu harta itu sehingga dia tidak sadarkan diri di pinggir pantai.


Ran dan Sonoko dibawa dalam kapal. Mereka disuruh menggunakan satu tabung oksigen untuk berdua. Sebelum turun ke laut, tangan Sonoko dilukai dengan pisau. Rupanya, pemburu harta itu menjadikan Sonoko dan Ran sebagai umpan untuk hiu karena Izu dan Matsumoto tertembak pada malam sebelumnya.


Detective boys berhasil menyelesaikan semua teka-teki harta karun. Di petunjuk terakhir, mereka harus memecahkan sandi yang berupa angka berwarna biru dan merah. Ternyata Mima juga dulunya adalah seorang pemburu harta. Oleh karena itu dia mempunyai peta Pulau Koumi dan Pulau Yorioya 300 tahun yang lalu. Pulau Yorioya itu sudah tenggelam akibat methane hydrate.

Dengan bantuan Mima ternyata kode angka itu berarti“JOLLY ROGER”. Jolly roger adalah hal yang tidak ingin dilihat pelaut pada abad 17. Kata itu berasal dari jolly rouge atau bendera merah atau Old roger yang artinya demon.. Jolly roger ditandai dengan bendera tengkorak khas bajak laut. Pada bendera bajak laut, giginya berbentuk huruf “DOS DIOSAS” yang artinya dua dewi.




Tiba-tiba Kimiko datang ke penginapan itu untuk memberi tahu kalau Ran dan Sonoko diculik. Conan meminta Mima untuk menyiapkan kapal menuju ke pulau Yorioya. Sebelum Conan pergi, professor Agasa memberikan 2 tabung oksigen mini untuk berjaga-jaga.


Conan segera menyusul Ran dan Sonoko. Tapi Conan tidak melalui jalur diving seperti mereka. Di pulau Yorioya ada gerbang kecil yang hanya dapat dilalui oleh anak kecil.

Di tempat harta karun itu terdapat beberapa jebakan dan gas beracun. Matsumoto selalu menyuruh Ran dan Sonoko untuk jalan duluan. Ada satu pintu yang terdapat pola pistol dan pedang pendek. Oleh karena itu Matsumoto mencuri kedua barang tersebut dari museum. Setelah pedang dan pistol di simpan di tempat yang tepat, pintu itu terbuka. Akhirnya mereka sampai di suatu tempat yang terdapat kapal besar. Akan tetapi, di sana sama sekali tidak ditemukan harta karun.

Ran dan Sonoko diserang oleh Matsumoto dan Izu. Ran menggunakan karatenya, sedangkan Sonoko menggunakan pedang pendek Anne. Mereka saling memunggungi untuk melindungi satu sama lain seperti Anne dan Mary. Lalu Conan datang menyelamatkan mereka. Kedua pemburu harta berhasil dilumpuhkan.

Ternyata petugas pariwisata Iwanaga mengikuti Conan. Dia adalah pelaku yang menyebabkan kematian dan menyerang para pemburu harta itu. Dia tidak ingin harta itu diambil oleh orang lain. Di tempat itu, Iwanaga membawa pistol milik Mineo yang hilang. Seharusnya peluru yang ditemukan Takagi akan cocok dengan pistol yang dibawa Iwanaga itu.

Iwanaga juga sebenernya seorang pemburu harta karun. Dia membuat teka-teki harta karun berdasarkan peta yang ditinggalkan oleh Anne Bonnie sendiri. Dia bingung cara memecahkan kode itu. Mungkin jika Kogoro ikut dalam permainan itu, peluang kodenya terpecahkan makin besar.

Akibat gempa, tanah menjadi labil. Air mulai masuk ke sana. Conan memanfaatkan gas metana yang terkumpul di langit-langit untuk meledakan tempat itu sehingga mereka bisa keluar dengan selamat. Conan memberikan 2 tabung oksigen mini kepada Ran dan Sonoko. Pada saat ledakan terjadi, Ran memasangkan tabung mini itu kepada Conan. Ran, Sonoko, Conan, Matsumono, Izu, dan Iwanaga berhasil selamat dengan kapal itu. Namun tak berapa lama, kapal itu hancur dan kembali ke dasar laut.

Ran memberikan oksigen mini itu kepada Conan karena Conan sangat mirip dengan Shinichi pada saat dia SMP. Shinichi bilang kalau dia bawa 2 payung, sehingga dia meminjamkan payung untuk Ran. Padahal sebenarnya Shinichi hanya bawa 1 payung. Dia pulang hujan-hujanan hingga demam. Oleh karena itu, Ran juga yakin kalau Conan berbohong saat Conan bilang punya 1 oksigen mini lagi untuk dirinya sendiri.

Aku udah tulis reviewnya di post ini. Daftar movie Conan bisa diliat di tab Movie DC.

No comments:

Post a Comment