Sunday, April 19, 2020

Sinopsis Detective Conan Movie 1 - The Bombed Skyscraper

Ringkasan versi lain dari Detective Conan Movie 1. Movie yang tayang sebelum aku lahir. Kalau mau tau review dari sudut pandang aku silahkan klik di sini. Buat sinopsis dan review movie Conan yang lain bisa dicek di sini.



Movie ini dibuka pembunuhan Kurokawa san beserta dengan penyelesaian oleh Kogoro tidur. Kemudian cerita berlanjut saat Shinichi mendapatkan undangan dari arsitek terkenal yang bernama Moriya Teiji. Shinichi tentu saja tidak bisa datang, jadi dia meminta Ran untuk menggantikannya. Ran mau menggatikannya dengan syarat Shinichi harus mau menonton film Akai Ito di Beika Building pada 3 Mei. Film itu bercerita tentang pria dan wanita saling mencintai dan ditandai dengan mengikat benang berwarna merah di kelingkingnya.Dia juga bertanya pada Shinichi, lebih suka merah atau biru. Lalu Shinichi menjawab warna merah karena sebenarnya merah adalah warna kesukaan Ran. 


Ran, Kogoro, dan Conan mengunjungi rumah Moriya Teiji. Di sana mereka diajak untuk melihat-lihat galeri foto bangunan yang pernah di rancang oleh si arsitek. 
Kemudian cerita berlanjut di rumah Profesor Agasa. Ada berita bahwa octagen, bahan untuk membuat bom plastik telah dicuri dari Tokyo Chemical. Setelah itu ada telepon untuk Shinichi dari orang yang tak dikenal. Dia mengubah suaranya dan mengaku sebagai orang yang telah mencuri bahan kimia tersebut. Dia mengatakan bahwa di Taman Greenbelt dekat sungai Teimuzu ada kejutan untuk Shinichi.
Ketika sampai di sana, Conan bertemu dengan Genta, Ayumi, dan Mitsuhiko. Mereka sedang bermain mainan pesawat yang diberikan oleh seseorang yang tak dikenal. Ternyata pada pesawat tersebut terdapat bom. Sayangnya remote control untuk pesawat tersebut rusak akibat jatuh saat Conan mencoba merebut remot tersebut dari mitsuhiko. Akhirnya Conan menendang remot control tersebtu dan mengenai pesawat sehingga terjadi ledakan besar. Ledakan tersebut berwarna oranye yang menunjukan bahwa bom tersebut kemungkinan besar adalah bom plastik. 


Sang pelaku menyadari bahwa bukan Shinichi yang datang, tapi seorang bocah kecil. Lalu, dia memberikan hint berikutnya melalui telepon bahwa akan ada bom berikutnya di taman depan Stasiun Beika dan akan meledak pada pukul 1 siang. Bom tersebut diletakan di bawah pohon.  
Saat sampai di taman tersebut, Conan mengecek semua pohon tapi tidak menemukan hal yang mencurigakan. Dia pergi ke tempat yang lebih tinggi untuk mengamati taman tersebut. Lalu dia baru menyadari bahwa “dibawah pohon” adalah nekko (akar) yang penyebutannya mirip dengan neko (kucing).
Ada seekor kucing yang diletakan di dalam tas hewan di bawah pohon. Kucing beserta tasnya dibawa oleh seorang nenek yang kemudian masuk ke dalam taksi. Kejar kejaran pun terjadi. Singkat cerita conan berhasil merebut tas berisi bom tersebut kemudian bom tersebut meledak di dekat sungai. Ledakan yang terjadi cukup besar sehingga menyebabkan Conan tak sadarkan diri dan dibawa ke rumah sakit.
 Di rumah sakit, Conan dimintai keterangan oleh kepolisian. Mereka menduga ada yang dendam dengan Shinichi. Salah satu kasus yg menggemparkan adalah saat walikota ditangkap atas kasus penabrakan seorang wanita hingga meninggal. 
Tak lama, ada telepon lagi dari pelaku. Dia menyebut bahwa dia telah meletakan bom di jalur kereta keliling Touto. Petunjuknya adalah “x dari xx” ganti x dengan satu kanji. Kalau mau selamat, kecepatan kereta tidak boleh dibawah 60 km/jam. Selain itu, batas waktu menemukan bom adalah sebelum matahari terbenam. Kepolisian memerintahkan semua kereta untuk bergerak pada kecepatan 70 km/jam dan dilarang berhenti pada stasiun berikutnya. 
Kepanikan pada penumpang pun mulai terjadi karena mereka tidak tau situasi bahaya apa yang sedang mereka hadapi. Petugas memeriksa setiap gerbong tapi tidak ditemukan benda mencurigakan di dalam kereta.
Ternyata bom tersebut dilengkapi dengan sensor cahaya. Bom akan meledak jika tidak mendapatkan cahaya dalam jangka waktu tertentu. Singkat cerita semua kereta dialihkan ke stasiun lain dan kepolisian menyisir area rel kereta. Kelima bom tersebut ditemukan dan dapat dijinakkan. Salah satu bom yang berhasil dijinakkan berada di jembatan yang dirancang oleh Moriya.


Lokasi tempat yang terbakar maupun bom tersebut berkaitan dengan karya arsitek terkenal tersebut. Megure, shiratori, kogoro, dan Conan langsung menuju ke rumah Moriya Teiji. Conan menyusup untuk melihat lagi ruangan galeri foto karya arsitek tersebut. Dia terkejut karena menemukan maket kota. Ternyata proyek kota tersebut gagal akibat wali kota yang ditahan atas kasus menabrak orang hingga meninggal. 

 
Conan menemukan sesuatu petunjuk di ruangan galeri tersebut. Dia menyuruh inspektur Megure dan yang lainnya untuk berkunjung ke galeri tersebut, tentunya melalui telepon dengan suara Shinichi. Terungkaplah bahwa pelakunya adalah arsitek itu sendiri. Motifnya adalah dia ingin menghancurkan karyanya yang tidak simetris. Moriya melibatkan Shinichi dalam kasus ini, karena Shinichi secara tidak langsung menghancurkan karya terbesarnya. Moriya telah merancang kota Nishitama yang baru. Namun proyek itu gagal karena walikota sudah dipenjara dengan alasan menabrak orang hingga tewas. 




Saat dia ketahuan, dia berusaha untuk mengaktifkan bom di satu tempat lain, untungnya Conan sudah mencabut baterai dari pengendali bom tersebut. Sialnya, bom di Beika Building sudah aktif. Ledakan pertama terjadi pada pukul 9 malam. 
Conan mengambil gambar rangkaian listrik pada bom tersebut kemudian berlari ke beika building. Di sana dia tidak bisa bertemu dengan ran secara langsung karena pintu yang tidak bisa dibuka akibat bom yang sudah terjadi sebelumnya. Ran diminta tolong oleh Shinichi untuk memotong kabel pada bom tersebut sesuai petunjuk Shinichi. Ternyata ada 2 kabel lagi yang tidak tergambar di gambar rangkaian listrik tersebut. Akhirnya Ran yang harus memutuskan. Kabel tersebut berwarna merah dan biru. Waktu sudah menunjukan pukul 00.00 dan tersisa 3 menit lagi. Ran mengucapkan selamat ulang tahun untuk Shinichi karena 4 Mei memang ulang tahun Shinichi.





Waktu berlalu dan bom tidak meledak. Artinya Ran memotong kabel yang benar yaitu kabel berwarna biru. Di akhir cerita Conan bertanya kenapa Ran tidak memotong kabel berwarna merah. Lalu ran menjawab karena warna merah itu yang menghubungkan Ran dengan Shinichi. Seperti film yang akan mereka tonton “Akai Ito (Benang Merah)”





Sekian jalan cerita untuk DCM 1. Review dan poin-poin penting aku tulis di postingan lain ya.  Buat sinopsis dan review movie Conan yang lain bisa dicek di tab "Movie DC".

No comments:

Post a Comment